0
Image result for gambar buku bahasa indonesia penerbit erlangga 12 smk

KUNCI JAWABAN
Bahasa Indonesia Tataran Unggul Kelas XII


Tema 1: KEMASYARAKATAN

Uji Mandiri (halaman 20)
1.     Tema: kecintaan pada Tuhan
Rima dan irama: persamaan bunyi i, a, u-a-u-a, u, dan sebagainya.
Amanat: introspeksi diri sendiri jika Tuhan tidak mendengar dan mengabulkan doamu. Mungkin saja, kamu memiliki kesalahan/mengambil jalan yang tidak diridhoi Tuhan.
2.   Karakter tokoh:
            - Peni: kuat, tidak mudah putus asa, keras kepala.
            - Lelaki: mudah panik, sangat menyayangi Peni, tegas, pemarah.
            - Suster: penakut, pendiam, peragu.
            - Hazri: sigap, penurut.  
     Latar: sebuah klinik di sebuah gang
     Tema: Sebuah keadaan orang yang akan melahirkan
     Penggunaan bahasa: menggunakan gaya bahasa bebas

Uji Kelompok (halaman 22)
1.         Kedua puisi tersebut memiliki persamaan pada sudut rima dan substansinya. Puisi “Penyair dan Puisi” dan puisi “Waktu” sama-sama menggunakan rima bebas. Dari segi substansi, keduanya sam-sama menggunakan gaya bahasa metafora dan personifikasi. Perbedaannya terletak dari tema yang diangkat kedua puisi tersebut. Puisi “Penyair dan Puisi” bertema sosial, namun puisi “Waktu” bertema ketuhanan.
2. Ya, karena insiprasi dapat direalisasikan ke dalam bentuk apapun dan tidak merubah substansinya/inti persoalannya
3.         —jawaban bervariasi—
4.         —jawaban bervariasi—

Uji Mandiri (halaman 30)
1. Perbedaan keduanya adalah dari sudut penyajiannya. Drama pentas disajikan/dipentaskan secara langsung, sedangkan film disajikan dalam bentuk rekaman yang berisi serangkaian gambar bergerak.
2.     —jawaban bervariasi—, contoh:
-  Sayem: Teguh pendirian, cinta akan desanya, tidak tergiur oleh kesenangan kota, berani menentang orang lain.
-  Hadi: Orang kota yang ingin merampas kekayaan desa, angkuh dan suka mengancam.

Uji Kelompok (halaman 34)
—jawaban bervariasi—, contoh:
-  Plot:alur yang digunakan alur maju. Pada pemaparan awal, ditampilkan Bapak yang sedang berbincang dengan anaknya yang bungsu mengenai cintanya pada seorang perwira TNI. Komplikasi, pertikaian muncul pada percakapan si sulung dengan Bapak mengenai keadaan kota hingga kemudian si bungsu pergi meninggalkan mereka berdua. Mereka kemudian berbincang mengenai arti kemerdekaan.  Klimaks, muncul ketika terjadi perdebatan dan ketidaksepahaman mengenai kemerdekaan dan kecintaan tanah air. Antiklimaks, muncul ketika si sulung mulai luluh dan akan merenungkan perkataan bapaknya. Penyelesaian, mereka kemudian berdamai dengan mengikuti kata hati mereka sendiri dan tidak akan memaksakan satu dengan lainnya. Bapak tetap pada pendiriannya mengenai arti pengorbanan.
-  Penokohan:
1.   Bapak: cinta tanah air, berani berkorban demi bangsanya, berjiwa patriotisme
2.   Bungsu: wanita baik-baik, selalu sayang terhadap bapak dan kakaknya,
3.   Sulung: senang tinggal di pendudukan/desa yang bebas, tidak senang berperang/mengangkat senjata untuk kemerdekaan bangsanya.
-  Dialog: menggunakan dialog karya sastra drama/naskah karena tidak dipentaskan
-  Kriteria penilaian drama:
1.   Penggunaan bahasa: menggunakan gaya bahasa bebas dan bahasa sehari-hari
2.   Ekspresi: -disesuaikan dengan pembacaan naskah drama oleh siswa-
3.   Konflik: konflik yang ditampilkan adalah antara sulung dengan Bapak yang berbeda pendapat mengenai arti kemerdekaan, patriotiseme, dan perjuangan.
4.   Amanat: pesan yang disampaikan adalah bahwa, sampai sekarang kita harus terus berjuang, mempunyai jiwa patriotisme, dan cinta terhadap tanah air.

Uji Media (halaman 35)
—jawaban bervariasi—

Uji Mandiri (halaman 38)
1.     Ya, karena iklan disajikan dengan bahasa konotatif yang ditujukan untuk mempengaruhi pelanggan.
2.     Pemerintah
3.     Ya, iklan hendaknya disampaikan dalam bahasa yang khas agar lebih menarik. Masyarakat akan selalu tertarik dengan iklan yang unik, seperti menggunakan pemilihan kata yang tepat. Jika iklan dan poster menggunakan bahasa lugas, eksistensinya akan berkurang karena tidak menarik orang terhadap suatu produk.

Uji Kelompok (halaman 38)
1.  a. iklan pelayanan masyarakat
b. iklan niaga
c. iklan pelayanan masyarakat
d. iklan niaga
2. a. “Mau fasilitasnya, tapi tak mau bayar pajaknya…APA KATA DUNIA?”
    b. “Ciptakan. Sebarkan. Ekspresikan”
    c. “Pemilu 2005 Beda!Tidak lagi milih kucing dalam karung, karena milih langsung”
    d. “Bingung cari buku? Klik! www.erlangga.co.id Tanya pakarnya!”
3. a. Masyarakat dihimbau melunasi pajak dan mengawasi penggunaan pajak karena masyarakat tidak mau bayar pajak tapi mau fasilitasnya.
    b. Dengan memakai HP Nokia 2600 pengguna dapat menciptakan, menyebarkan, dan mengekspresikan keinginannya melalui HP tersebut. Hal ini dikarenakan HP tersebut penuh dengan fitur canggih yang menyokong ekspresi penggunanya.
    c. Pemilu 2004 berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya karena menggunakan sistem pemilihan secara langsung sehingga masyarakat tidak memilih pejabat yang tidak diketahui latar belakang dan kiprahnya di masyarakat.
    d. Agar masyarakat membuka website dari penerbit erlangga, yang di dalamnya penuh informasi mengenai buku-buku, khususnya buku pendidikan. Sehingga masyarakat membeli dan menggunakan buku tersebut.

Uji Keterampilan Berbahasa (halaman 39)
A.
1. E                              6. A
2. B                              7. D
3. C                              8. C
4. B                              9. D
5. C                              10. E

B.
1.   Puisi terbentuk/muncul dari pikiran dan ide penyairnya. Bentuk fisik puisi merupakan kesatuan dari unsur-unsur seperti majas, tema, dan amanat. Dengan unsur-unsur tersebut, puisi dapat dinikmati, baik dari segi bentuk maupun isinya.
2.   Cerpen dan novel berbeda dari segi panjang-pendeknya cerita.
3.   Drama pentas: naskah drama yang dipentaskan di panggung
      Drama sastra: drama yang berisi tentang nilai-nilai kesusastraan.
4.     Film haruslah ditampilkan dengan gerakan karena film merupakan gambar yang bergerak. Suatu film dapat menarik penonton jika memiliki jalan cerita yang baik, prasarana yang memadai, dan pemain yang andal/profesional/berpengalaman.
5.     Unsur-unsur pembuatan iklan:
a.   ada produk yang ditawarkan
b.   sasaran yang jelas
c.   ada penanggung jawab iklan
d.   bahasa yang digunakan harus menarik
e.   ada batas berlaku
f.    ada slogan produk
g.   ada logo dan nama perusahaan
h.   foto produk



Tema 2: KESUSASTRAAN INDONESIA

Uji Mandiri (halaman 46)
1.     Koran yang baik adalah koran yang menggunakan ragam bahasa jurnalistik yang dipahami semua kalangan dan tidak menimbulkan makna lain.
2.     Banyak ragam dan jenis koran yang ditujukan untuk berbagai kalangan. Jenis-jenis tersebut membuat ragam bahasa koran berbeda-beda, disesuaikan dengan kalangan yang dituju, seperti misalnya media yang menggunakan ragam  bahasa untuk anak muda tentunya berbeda dengan media yang menggunakan bahasa anak-anak. Begitu pula dengan media untuk ragam bahasa untuk umum yang menekankan pada keformalan bahasa.
3.     Ciri bahasa komik:  
- ide disampaikan secara sederhana diikuti gambar untuk membuat cerita menjadi menarik.
        -  menggunakan bahasa yang sederhana.
4.   a.  Nasib supir taksi juga dapat terancam, yaitu dengan peristiwa perampokan bahkan pembunuhan.
     b.    komik menggunakan banyak gambar untuk menyampaikan pesannya dan menggunakan ragam bahasa yang santai (ragam percakapan).

Uji Kelompok (halaman 47)
2. Bahasa berita: bahasa berita biasanya menggunakan ragam jurnalistik.Biasanya ragam ini lebih lugas karena mengungkapkan fakta.
    Bahasa ilmiah: biasanya menggunakan ragam ilmiah yang dipakai dalam pembuatan makalah atau artikel ilmiah.
3.  Karena komik menggunakan ragam bahasa yang cenderung tidak formal (ragam percakapan). Selain itu, bahasa yagn ditampilkan dalam komik dapat digambarkan dengan jelas melalui gambar.
4. Artikel tersebut merupakan bagian dari media untuk remaja. Dapat dilihat dari penggunaan bahasa yang semi formal bercampur dengan ragam bahasa gaul.
5. Koran memiliki pembaca sendiri-sendiri. Seperti koran Kompas yang pembacanya sebagian besar adalah kalangan menengah dan berpendidikan, sehingga ragam bahasa jurnalistik yang ditampilkan pun menggunakan bahasa dengan standar tinggi dan ilmiah. Berbeda dengan Bola yang mayoritas pembacanya adalah pecinta olah raga, sehingga bahasa yang ditampilkan pun cenderung menggunakan bahasa jurnalistik yang mudah dipahami dan lebih memunculkan istilah-istilah dalam dunia olah raga. Berbeda pula, dengan majalah Bobo, yang mayoritas pembacanya adalah anak-anak, sehingga bahasa yang ditampilkan cenderung menggunakan ragam bahasa anak-anak dan bebas, tidak formal. Oleh karena itu, ragam bahasa pada koran harus disesuaikan dengan pembacanya.

Uji Mandiri (halaman 57)
1. a.  pleonasme          f. metonimia
    b. retoris                 g. hiperbola     
     c. interupsi              h. metafora      
     d.  koreksio              i. personifikasi
    e. sarkasme                        j. asosiasi
2. a. Senyumlah pada bumi: hiperbola, menyatakan sesuatu (senyum) secara berlebihan.
    b. Kakek tersenyum: makna sebenarnya (denotasi), yaitu kakek memberikan senyum.
    c.  Senyumlah pada gadis-gadis, pada daratan, pada kota-kota, pada bumi, pada laut, pada kata yang membawamu: polisidenton, beberapa hal yang disebutkan berturut-turut dengan menggunakan banyak kata hubung (pada).
     d. Senyumlah selalu pada hidup, pada bumi, pada langit.: polisidenton, beberapa hal yang disebutkan berturut-turut dengan menggunakan banyak kata hubung (pada).
     e. Di Barcelona, kakek tersenyum .... Di Marseile, kakek tersenyum .... Di Yokohama, kakek tersenyum .... DI Rotterdam, kakek tersenyum-senyum .... : Repetisi, untuk memperkuat makna senyum dengan melakukan pengulangan kata (tersenyum).

Uji Mandiri (halaman 61)
1. Dalam setiap kesempatan/dalam kehidupan sehari-hari. Contoh, ketika kita sudah melakukan sesuatu, tetapi yang kita lakukan tersebut tidak sesuai harapan. Kita akan depat mengungkapkan dengan peribahasa ”Nasi sudah menjadi bubur”.
2. a. orang yang banyak bicara biasanya dangkal pengetahuannya.
    b. menanam kebaikan yang tak mungkin tumbuh.
    c. munafik
    d. mau menerima pemberian seseorang, namun tidak mau memberi.
    e. menginginkan sesuatu yang tidak mungkin.
3. —jawaban bervariasi—

Uji Mandiri (halaman 66)
1.   Masyarakat pembaca dan tim penilai.
2.   Syarat: terlaris, banyak pembaca, dijadikan pedoman dalam tatanan masyarakat, dan mendapat penghargaan.
3.   Bagian yang menarik hampir setiap baris menarik, karena pada setiap barisnya menggunakan bermacam-macam gaya bahasa/majas sehingga menarik dan terseksan puitis.
4.   Belum tentu. Karena karya unggulan tidak hanya diukur dari menarik tidaknya suatu karya, aspek yang lain adalah banyaknya pembaca dan memenuhi kriteria penilaian karya sastra.

Uji Kelompok (halaman 67)
1.   Unsur-unsur intrinsik:
-     Tokoh:
     Ajo sidi: licik, suka menyindir, tidak memahami perasaan orang lain.
     Haji saleh: beriman, suka beribadah, terlalu fanatik terhadap agamanya, egois, penakut, selalu merasa benar.
     Tuhan: tegas, berwibawa, adil.
-     Alur: mundur (flash back)
-     Tema: ketuhanan
-     Latar: akhirat
-     Pesan: dalam menjalani hidup, kita tidak hanya dituntut untuk beriman dan beribadah kepada Tuhan, namun kita juga diharuskan untuk berjuang dan bekerja keras untuk bertahan hidup.
-     Sudut pandang: orang ketiga di luar cerita.
2.   Keunggulannya: teknik penceritaan, isi, dan nilai didik yang disampaikan.
3.   Nilai didik: hidup tidak hanya dihabiskan untuk beribadah saja, namun juga untuk berjuang dan bekerja keras untuk mencapai kehidupan yang maksimal.

Uji Mandiri (halaman 74)
1.   Watak-watak yang muncul dan memang ada di kehidupan nyata, yang mewakili karakter masyarakat setempat..
2. Boleh, karena perilaku orang asing pun memiliki kebaikan dan nilai didik yang bisa dijadikan contoh untuk kehidupan nyata.
3. Kita dapat menciptakan karya yang sarat dengan nilai didik dan dapat diambil hikmah/pesannya, seperti mengangkat tema ketuhanan dan sosial.
4. —jawaban bervariasi—


Uji Keterampilan Bahasa (halaman 74)
A.
1. A                              6. B
2. C                              7. A
3. A                              8. A
4. B                              9. A
5. A                              10. B

B.
1.     Menggunakan ragam bahasa jurnalistik yang disesuaikan dengan sasaran pembacanya.
2.     Peran jurnalis sangatlah penting karena jurnalislah yang menghidupkan media cetak. Tanpa tulisan mereka, media cetak tidak akan pernah ada.
3.     Kepentingan masyarakat Indonesia khususnya warga miskin semakin terabaikan dan dibatasi. Kesejahteraan bagi warga miskin semakin sulit, dari mulai jaminan kesehatan yang dipersulit, kelangkaan BBM, hingga pasokan listrik juga akan dibatasi. Hal ini tentunya membuat mereka semakin terpuruk.
4.     Penggalan cerpen tersebut bercerita tentang seseorang yang sedang berada di suatu tempat yang penuh dengan asap rokok beserta orang-orang di sekitarnya.
5.     —jawaban bervariasi—



Tema 3: KETENAGAKERJAAN

Uji Mandiri (halaman 84)
1.     —jawaban bervariasi—
2.     —jawaban bervariasi—
3.     —jawaban bervariasi—

Uji Kelompok (halaman 86)
2.       —jawaban bervariasi—
3.       —jawaban bervariasi—

Uji Keterampilan Berbahasa (halaman 88)
A.
1. B                              6. A
2. C                              7. D
3. A                              8. B
4. B                              9. E
5. B                              10. E
           
B.
1.   Karena jika sudah ada sebuah kegiatan yang dipesan, maka tahap selanjutnya adalah melaksanakan kegiatan tersebut tanpa membuat proposal.
2.         Laporan dibuat sebagai pertanggungjawaban dari proposal yang telah dibuat sebelumnya. Jadi, laporan harus sesuai/sejalan dengan yang tertera dalam proposal.
3.         Laporan, karena pada pelaksanaan kegiatannya harus sesuai dengan proposal yang diajukan. Apabila tidak sesuai dengan proposal, maka dicantumkan evaluasi kegiatan dalam laporan yang tidak sesuai dengan proposal.
4.   —jawaban bervariasi—
5.   —jawaban bervariasi—








Tema 4: KEWIRAUSAHAAN

Uji Mandiri (halaman 99)
1. Surat 1: surat niaga/bisnis
Surat 2: surat pribadi
Surat 3: surat tugas/dinas
Surat 4: surat sosial
2. Perbedaannya terletak pada bentuk, bahasa, dan kepentingannya.
3.  Ya, berbeda karena tujuan yang ingin dicapai berbeda.
4. Bentuk bahasa yang digunakan oleh keempat surat tersebut disesuaikan dengan sasaran yang ingin dituju/disesuaikan dengan kepentingannya.

Uji Kelompok (halaman 112)
1.     —jawaban bervariasi—
2.     —jawaban bervariasi—
3.     —jawaban bervariasi—
4.     —jawaban bervariasi—
5.     —jawaban bervariasi—
6.     —jawaban bervariasi—

Uji Mandiri (halaman 120)
—jawaban bervariasi—

Uji Keterampilan Berbahasa (halaman 120)
A.
1. A                              6. B
2. D                              7. A
3. D                              8. E
4. C                              9. D
5. B                              10. A

B.
1.   Berbeda dari sisi bahasa yang digunakan.
2.   Pengumuman: surat yang dipergunakan untuk memberitahukan sesuatu. Misalnya: sarasehan, penataran, atau pengumuman lainnya
      Surat edaran: surat yang beredar untuk semua orang dengan isi yang sama. Bertujuan secara kolektif.
3.   —jawaban bervariasi—
4.   Referensi: keterangan dari orang-orang tertentu tentang diri pelamar. Yang dapat menjadi Orang-orang yang dapat menjadi referen adalah: mantan kepala instansi tempat pelamar sebelumnya bekerja, orang-orang yang berpengaruh di masyarakat, orang di tempat yang dilamar calon
5.   Hal-hal yang harus diperhatikan saat menulis surat lamaran melalui e-mail:
·       Judul e-mail dibuat agar penerima segera mengetahui melalui e-mail.
·       Menulis surat lamaran di badan e-mail.
·       Resume ditulis dalam file tersendiri dan dapat dijadikan lampiran.
·       Menggunakan format Word/Pdf.
·       Ukuran e-mail tidak melebihi 300kb.
·       Mencantumkan tanda tangan.
·       Tes terlebih dahulu e-mail yang akan dikirim ke e-mail lain sebelum dikirim ke perusahaan yang dituju.









Tema 5: PENGEMBANGAN TEKNOLOGI

Uji Mandiri (halaman 132)
a.     Laporan laboratoris
b.    Bahasa ilmiah
c.     Sistematika:
·       judul
·       objek: nama latin, nama daerah
·       deskripsi tanaman
·       hasil yang diperoleh dari percobaan

Uji Kelompok (halaman 138)
1.  —jawaban bervariasi—
2.  —jawaban bervariasi—
3. —jawaban bervariasi—

Uji Keterampilan Berbahasa (halaman 138)
A.
1. D                        6. D                    
2. D                        7. B
3. C                        8. B
4. E                                                   9. B
5. D                        10. A

B.
1. Fungsi laporan:
     - pertanggungajwaban bagi orang yang diberi tugas.
     - landasan pimpinan dalam mengambil kebijakan/keputusan.
     - alat melakukan pengawasan bagi pimpinan.
     - dokumen untuk bahan studi serta sumber pengalaman bagi orang lain.
2. Laporan perkembangan bertujuan untuk menyampaikan perkembangan, perubahan, atau tahapan yang telah dicapai.
     Laporan keadaan bertujuan menggambarkan kondisi yang ada pada saat laporan dibuat.
3.  Judul yang panjang ditulis ke dalam beberapa baris dengan mempertimbangkan kesatuan makna dan biasanya berbantuk piramida terbalik.
4. Unsur-unsur yang harus dipenuhi dalam laporan pengamatan adalah:
     - Judul pengamatan
     - tujuan pengamatan
     - lama pengamatan, waktu, dan jadwal kegiatan
     - bentuk dan jenis kegiatan
     - hasil yang diperoleh
5. —jawaban bervariasi—

Latihan Siap Ujian Nasional (hal 141)
1. A                              11. E                            21. A
2. D                              12. E                            22. C
3. C                              13. C                            23. A
4. C                              14. B                            24. C
5. D                              15. C                            25. B
6. D                              16. E                            26. C
7. B                              17. A                            27. A
8. A                              18. B                            28. E
9. D                              19. E                            29. D
10. E                            20. B                            30. B







Soal Pengayaan

Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.   Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
            Ada lima hal yang menyebabkan keberhasilan belajar. Pertama, tetapkan tujuan belajar. Kedua, buat program kerja yang merupakan penjabaran tujuan. Ketiga, laksanakan program sesuai dengan langkah-langkah kerja.Keempat, evaluasi program. Kelima, benahi diri untuk perbaikan program yang belum efektif.
     Gagasan utama paragraf tersebut adalah . . . .
a.   lima hal penyebab keberhasilan belajar
b.   lima hal yang harus dilakukan
c.   setiap kegiatan harus dilakukan evaluasi
d.   program kerja merupakan penjabaran tujuan belajar
e.   pelaksanaan program harus sesuai dengan langkah-langkah kerja
2.   Cermati tabel berikut!
KENAIKAN HARGA SEMBAKO TAHUN 2008 (Dalam rupiah)
Bulan
Minyak Filma
Minyak Bimoli
Minyak Sawit
Minyak Curah
Januari
6.000
6.500
6.750
4.000
Februari
7.000
6.750
7.750
4.500
Maret
8.000
7.000
8.750
5.000
April
9.500
7.250
11.000
6.500
Mei
10.000
7.500
11.250
6.000
Juni
14.500
15.000
15.250
10.500
      Kalimat yang tidak sesuai dengan tabel kenaikan harga minyak adalah . . .
a.     Kenaikan harga minyak Filma selalu bertambah setiap bulan.
b.    Kenaikan harga bimoli  Januari- Mei paling kecil dibandingkan dengan kenaikan harga yang lain.
c.     Pada bulan Juni harga Bimoli mengalami kenaikan paling tinggi.
d.    Kenaikan harga minyak curah menurun dari bulan April ke bulan Mei.
e.     Kenaikan harga minyak sawit yang sama terjadi pada bulan Mei dan Juni.
3.  Bacalah kutipan berita tersebut dengan saksama!
       Pemerintah memberi Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk meringankan beban masyarakat. Namun bantuan yang diberikan tidak signifikan dengan kenaikan harga kebutuhan yang lain. Hal ini dirasakan oleh masyarakat Indonesia yang berpenghasilan minimal.
Tanggapan positif terhadap kutipan berita tersebut yang tepat adalah . . . .
a.   Hal ini sudah menjadi tanggung jawab pemerintah.
b.   Beban masyarakat masih tinggi
c.   Kita perlu menyambut program pemerintah itu.
d.   Memikirkan bantuan tidak pernah selesai.
e.   Pemerintah sudah lama memikirkan bantuan itu.
4.  Perhatikan penggalan surat lamaran berikut!
Bila saya diterima, saya mohon minta supaya ditempatkan di bagian yang sesuai dengan jurusan saya.
Dalam penggalan surat lamaran tersebut terdapat kesalahan. Perbaikan yang tepat adalah . . . .
a.   Kata mohon minta diganti berharap
b.   Kata saya diganti kami
c.   Kata sesuai diganti berdasarkan
d.   Kata mohon diganti minta
e.   Menghilangkan kata bila
5.  Perhatikan pernyataan berikut dengan cermat!
Seorang sekretaris diminta untuk membuat surat penolakan terhadap pelamar karena tidak memenuhi persyaratan.
Kalimat penutup surat balasan lamaran pekerjaan yang santun sesuai dengan pernyataan tersebut adalah . . .
a. Atas kesediaan Saudara membuat surat lamaran, kami ucapkan terima kasih.
b. Kami menyesal telah menolak lamaran Saudara.
c. Kami senantiasa berdoa untuk keberhasilan Saudara.
d. Kami sampaikan terima kasih atas surat lamaran Saudara.
e. Mudah-mudahan Saudara mendapat kesempatan pada masa-masa mendatang.
6.   Bacalah paragraf deskripsi berikut dengan saksama!
      Panas terik sepanjang hari. Siang ini, udara terasa panas. Debu-debu beterbangan dan menempel pada dinding-dinding sekolah kami. . . . .
      Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . .
a.    Tetapi aku malas untuk bepergian.
b.    Kulitku kering dan berkeringat.
c.    Panas yang terus menerus membuat mataku pedas.
d.    Udara panas yang menyengat membuat tenggorokanku kering.
e.    Udara panas sepanjang hari membuatku harus hati-hati.
7.   Cermati kerangka karangan berikut!
(1)   Kiat sukses bersaing di era globalisasi.
(2)   Peranan produk lokal untuk bersaing dengan produk asing.
(3)   Hambatan yang dihadapi produk lokal.
(4)   Deskripsi globalisasi.
Apabila tema karangan “Persaingan di Era Globalisasi”, susunan kerangka karangan tersebut yang tepat adalah . . . .
a.     (1), (3), (2), dan (4)                                       d.   (4), (3), (2), dan (1)
b.    (3), (1), (4), dan (2)                                       e.   (1), (2), (3), dan (4)
c.     (4), (2), (3), dan (1)
8.   Cermati paragraf berikut!
      Seperti diperkirakan semula, SMK Mandiri Yogyakarta mendominasi perolehan medali emas dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Semarang. Dalam adu kecerdasan yang diikuti 1.157 siswa SD, SMP, dan SMA dari 33 provinsi, Jateng mengumpulkan 18 medali emas, 42 perak, dan 20 perunggu . . . .
      Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut ialah….
a.     Para pemenang merasa bangga karena menjadi duta provinsinya.
b.    Olimpiade Sains Nasional perlu dijadikan agenda nasional.
c.     Seluruh peserta merasa puas karena mendapat pengalaman berharga.
d.    Diharapkan pada tahun mendatang jumlah peserta makin meningkat.
e.     D.I. Aceh yang tahun lalu menjadi juara umum, kali ini menduduki peringkat kedua.
9. Perhatikan teks iklan berikut!
MinumanHerbal” dibuat untuk kesehatan tubuh. Minuman ini menjadikan tubuh fit dan stamina terus terjaga sepanjang hari. Terbuat dari ramuan alami seperti kunir putih, kencur, dan asam. Minuman ini aman dan sangat cocok dipakai oleh semua kalangan.
Iklan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah . . .
a.     Herbal membuat tubuh fit dan stamina terjaga, terbuat dari bahan alami, dan cocok dipakai di daerah tropis.
b.    Herbal menjadikan kulit halus bersinar bak cahaya dipakai di daerah tropis dengan harga murah.
c.     Herbal dalam waktu 10 hari kulit menjadi halus dan cocok untuk di daerah tropis.
d.    Herbal memang cocok untuk dicoba karena menghaluskan kulit jadi cemerlang dan cocok untuk remaja.
e.     Herbal pembersih yang aman, murah, cocok untuk daerah tropis dan kulit cepat halus.
10. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1) Proposal disiapkan sebelum kita melaksanakan kegiatan.(2) Misalnya, sebelum melaksanakan lomba, pameran buku, dan karya wisata.(3) Isi proposal meliputi tema, tujuan, nama kegiatan, kepanitiaan, dan keuangan. (4) Proposal dapat digunakan untuk pencarian dana. (5) Dengan proposal semua pasti berjalan lancar.
      Kalimat yang tidak efektif dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor….
  1. (1)                                            d. (4)
  2. (2)                                            e. (5)
  3. (3)
11. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
      Dalam hidup sehari-hari, setiap individu selalu membutuhkan orang lain. Setiap orang dalam kodratnya perlu mengadakan hubungan dengan orang lain dalam upaya memenuhi hajat hidupnya. Hal ini berlaku pula bagi sebuah organisasi. Setiap badan atau organisasi baik pemerintah atau swasta, dalam menjalankan usahanya pun perlu mengadakan hubungan baik dengan berbagai pihak.
      Penalaran yang digunakan dalam paragraf tersebut adalah . . . .
a. induktif                                       d. deduktif-induktif
b. deduktif                                      e. deskriptif
c. naratif
12. Cermati paragraf berikut!
      . . . . Biaya pengembangan pendidikan meningkat luar biasa.Harga buku melambung tinggi. Biaya hidup pun naik. Hal ini menjadi beban masyarakat, terutama masyarakat lapisan bawah yang ingin mengenyam pendidikan tinggi.
      Kalimat topik yang tepat untuk mengawali paragraf tersebut adalah . . .
a.     Dewasa ini problem pendidikan sudah berubah menjadi barang mahal.
b.    Pendidikan memang barang mahal dan tidak bisa ditawar.
c.     Mengapa kita harus memerhatikan pendidikan?
d.    Tidak ada pendidikan yang murah harganya.
e.     Makin hari, bangsa Indonesia makin tidak terdidik.
13. Cermati paragraf berikut!
      (1) Anda memang harus menguasai teknologi informasi sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. (2) Hal ini harus Anda dukung dengan perilaku yang baik. (3) Perilaku itu termanifestasi dalam bentuk tutur kata, dan sikap Anda terhadap orang lain.(4) Termasuk bagaimana Anda memperlakukan orang lain.(5) Jika semua itu Anda lakukan, bukan hal mustahil jika Anda akan menuai kesuksesan.
Kalimat yang menyatakan opini dan alasan logis pada paragraf tersebut terdapat pada nomor . . . .
      a.   (1)                                                        d. (4)
      b.   (2)                                                        e. (5)
      c.   (3)
14Cermati penggalan paragraf berikut!
      Hidup bersih  di Indonesia perlu mendapat dukungan semua pihak. Hal ini disebabkan . . . faktor pribadi, keluarga, masyarakat, dan lingkungan. Apalagi di daerah pemukiman yang padat penduduk.   
      Kata penghubung antarkalimat yang tepat melengkapi paragraf tersebut adalah . . . .
      a.  karena                                                    d. sehingga
      b.  oleh                                                       e. boleh jadi
      c.  jumlah
15.  Cermatilah penggalan bab pendahuluan karya tulis berikut!
      Usaha di bidang jasa telekomunikasi khususnya di kota-kota besar berkembang pesat. Hal ini merupakan imbas dari kemajuan teknologi. Bertambahnya jumlah wartel merupakan pertanda pesatnya perkembangan itu. Berbagai trik telah dilakukan oleh pengusaha telekomunikasi agar tidak ditinggalkan oleh pelanggannya.
      Gagasan utama penggalan tersebut adalah . . .
a.     Dunia telekomunikasi maju pesat di Indonesia.
b.    Usaha telekomunikasi di kota-kota besar berkembang pesat.
c.     Telekomunikasi berkembang cukup menarik.
d.    Berbagai trik telah dilakukan oleh pengusaha telekomunikasi.
e.     Dari tahun ke tahun pengusaha telekomunikasi selalu bertembah.
16. Perhatikan kerangka notula diskusi  berikut!
(1)   Hari/tanggal/jam
(2)   Judul
(3)   Acara
(4)   Tempat
(5)   Jumlah yang hadir
(6)   Pimpinan diskusi
(7)   Simpulan
(8)   Jalannya diskusi
Urutan notula rapat  yang tepat adalah . . . .
a.     (2), (1), (4), (5), (6), (3), (8), dan (7)          d. (2), (4), (5), (1), (8), (3), (6), dan (7)
b.    (2), (4), (1), (5), (3), (6), (8), dan (7)          e. (2), (5), (3), (6), (8), (1), (4), dan (7)
c.     (2), (3), (4), (5), (6), (8), (1), dan (7)
17. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1) Mahalnya harga buku menyebabkan masyarakat mulai beralih ke berbagai alternatif. (2) Ada yang menggunakan modul, LKS, maupun sumber internet. (3) Ada pula yang menggunakan catatan untuk memperoleh materi pelajaran.(4) Bahkan, yang merisaukan kita adalah pembajakan buku-buku elite yang tersedia di toko-toko buku dalam berbagai judul. (5) Sebagai contoh “Kamus Besar Bahasa Indonesia ” yang meringankan keuangan keluarga.
      Kalimat salah nalar terdapat pada nomor . . . .
      a.   (1)                                                        d. (4)
      b.   (2)                                                        e. (5)
      c.   (3)
18.  Cermati penggalan kata pengantar berikut!
      Penulis bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa . . . penyusunan laporan penelitian  ini dapat diselesaikan tepat waktu.
      Konjungsi yang tepat untuk melengkapi penggalan kata pengantar tersebut adalah . . . .
a.     maka                                                    d. dengan demikian
b.    karena                                                  e. sehingga
c.     oleh karena
19.  Bacalah penggalan pendahuluan berikut dengan saksama!
PENDAHULUAN
      Laporan penelitian  ini berjudul “Tinjauan terhadap Penurunan Minat Baca Siswa di SMK Karang Sewu, Pekalongan.” Laporan penelitian yang disusun berdasarkan penelitian ini merupakan bentuk pertanggungjawaban penulis setelah melakukan penelitian di SMK tersebut. Penurunan Minat Baca Siswa dipilih sebagai objek penelitian karena pengaruhnya terhadap prestasi siswa.
      Penggalan pendahuluan laporan penelitian tersebut berisi tentang . . . .
a.     alasan pemilihan judul                            d. rumusan masalah
b.    pengumpulan bahan                              e. tema karya tulis
c.     tujuan penulisan
20. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
      Kesadaran akan bahaya seks bebas sangat dibutuhkan karena penting untuk pembinaan generasi muda. Semakin menyadari akan pentingnya bahaya seks bebas bagi generasi muda dalam kehidupan masyarakat adalah baik. Oleh karena itu, agar masyarakat khususnya remaja sadar akan hal itu, . . . .
Pernyataan yang tepat melengkapi paragraf tersebut adalah . . . .
a.     kesadaran akan bahaya seks bebas sangat baik diterapkan
b.    remaja perlu menyadari pentingnya bahaya seks bebas
c.     peningkatan pengetahuan tentang bahaya seks bebas perlu diadakan
d.    remaja perlu diberi penyuluhan tentang bahaya seks bebas
e.     perlu cara-cara meningkatkan kesadaran akan bahaya seks bebas
21. Penulisan kata gabung yang tepat terdapat dalam kalimat . . .
a.     Ia melanjutkan studi ke pasca sarjana Universitas Negeri Jakarta.
b.    Setiap hari Anto naik bus antar kota ke sekolah yang ia dambakan.
c.     Rani belajar siangmalam untuk mencapai cita-cita.
d.    Obat antibiotik tidak boleh diminum tanpa resep dokter.
e.     Hal itulah yang melatar belakangi kegagalannya.
22.  Bacalah pernyataan berikut dengan saksama!
      Sebaiknya Anda tidak membeli kucing dalam karung jika Anda memilih kepala daerah.
Makna ungkapan yang tepat untuk kata bercetak miring pada kalimat tersebut
adalah . . . .
      a. memilih tanpa dasar                                 d. angkat bicara
      b. tidak tahu                                                e. memilih yang tidak jelas karakternya
      c. ada persoalan
23.  Karya ilmiah itu membicarakan tentang cara meningkatkan minat belajar pada anak SD.
      Agar kalimat tersebut menjadi efektif, kata yang harus dihilangkan adalah . . . .
      a. itu                                                           d. penyakit
      b. tentang                                                   e. berdarah
      c. cara
24.  Cermatilah kalimat berikut!
Dengan penggunaan aksen yang tepat, makna kalimat dapat dipahami dengan tepat pula.
Makna kata aksen pada kalimat tersebut adalah . . . .
      a. tanda baca                                              d. ciri-ciri
      b. karakter                                                  e. tanda tanya
      c. tekanan
25.  Penggunaan kata yang tidak baku terdapat pada kalimat . . .
      a. Ia sangat mendukung program pembelajaran tehnik informasi.
      b. Ketua OSIS dipersilakan memberi sambutan pada acara perpisahan.
      c. Ilmiawan itu maju dalam lomba penelitian di Perancis tahun ini.
      d. Pertemuan ilmiah itu dihadiri oleh Mendiknas.
      e. Lomba pemirsa terbaik diselenggarakan dalam rangka HUT TV One.
26. Penulisan huruf kapital pada judul yang tidak tepat terdapat dalam kalimat . . .
a.      Buku Ejaan Yang Disempurnakan diterbitkan oleh Balai pustaka.
b.      Bacalah buku Sukses Usaha Bersama jika Anda ingin sukses.
c.      Di perpustakaan yang megah itu tidak didapatkan Buku-Buku berkualitas.
d.      Jangan kecewawakan orang tua Anda dengan buku-buku bacaan porno, bacalah buku Aku Bisa Berhasil.
e.      Berkat prestasi dan jasanya, prajurit itu dinaikkan pangkatnya dengan mendapat hadiah buku baru Biografi Seratus Tokoh Berhasil.
27.  Cermati ilustrasi berikut!
Syifa sedang berada di taman buah milik Bapak Ridwan  di daerah Kedung Baru, Jawa Tengah. Ia ingin mengetahui seluk beluk pembudidayaan tanaman anggur modern yang saat ini sedang berkembang pesat. Untuk itu, ia mewawancarai Ridwan.
Kalimat tanya yang tepat diajukan Syifa kepada nara sumber berkaitan dengan pembudidayaan tanaman anggur tersebut adalah . . .
a.     Siapa yang mula-mula memperkenalkan anggur sehingga dapat dibudidayakan?
b.    Mengapa ada jenis anggur yang dapat bertahan sampai tiga bulan?
c.     Apa sebab warna bunga anggur bermacam-macam?
d.    Bagaimana cara mengembangbiakkan tanaman anggur yang paling mudah?
e.     Ke daerah mana saja hasil anggur ini dipasarkan?
28.  Kalimat yang menggunakan ragam bahasa baku ialah . . .
a.     Kalau dingin saya suka batuk.
b.    Syarif berangkat ke Jakarta untuk mengurus beasiswa.
c.     Peserta daripada lokakarya sudah hadir.
d.    Para ibu-ibu hendak membuat perkumpulan arisan.
e.     Anak dan ayahnya sama, semua ndak ada yang mau mengalah.
29.   Kalimat peserta diskusi yang santun sesuai dengan tata cara berdiskusi dalam menolak pendapat seorang penyaji tentang pemberian sanksi pada anak-anak adalah . . .
a.   Disiplin sekolah memang harus ditegakkan, tetapi akan lebih baik kalau sanksi bagi pelanggar disiplin adalah hukuman yang mendidik misalnya, kerja bakti.
b.   Menurut hemat saya, apa yang Saudara kemukakan sangat bertentangan dengan kenyataan yang ada sehingga sangat tidak masuk akal.
c.   Saya benar-benar tidak setuju dengan pendapat Saudara yang mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara pendidikan dan kedisiplinan.
d.   Pendapat Saudara sungguh tidak masuk akal karena tidak didukung oleh fakta dan data yang benar jadi meragukan saya.
e.   Kewajiban memberi sanksi pada pelanggar disiplin di sekolah adalah Guru BP.
30. Cermati kalimat berikut!
      Tak seorang pun di dunia ini yang sempurna. Ia pasti punya kekurangan.
      Peribahasa yang sejalan dengan maksud kalimat tersebut ialah . . .
a.     Tak ada gading yang tak retak.
b.    Air beriak tanda tak dalam.
c.     Tak ada air jernih.
d.    Semua orang pasti mati.
e.     Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan.
31. Cermati kalimat berikut!
Akibat kenaikan harga BBM, saat ini banyak perusahaan yang gulung tikar.
Kata gulung tikar dalam kalimat tersebut bersinonim dengan . . . .
      a.   miskin                                                   d. bangkrut
      b.   rugi                                                       e. gagal
      c.   lemah


32. Perhatikan kalimat berikut!
Di negara maju sektor pendidikan sangat diperhatikan, sedangkan di negara berkembang masih . . . .
      Kata yang tepat melengkapi kalimat tersebut adalah . . . .
      a.   dipedulikan                                           d. diacuhkan    
      b.   diindahkan                                            e. diabaikan
      c.   dihiraukan
33.  Cermati kutipan novel berikut!
      Sesungguhnya keempat anak muda itu telah sampai ke dekat sebuah rumah jaga di muara. Di belakang rumah jaga ini kelihatan beberapa kuda tambang sedang dimandikan oleh kusirnya di pinggir pantai, tempat sungai Arau bermuara di laut. Dekat tempat mandi kuda ini adalah sebuah pangkalan yang menganjur sampai ke tepi sungai, tempat berlabuhnya kapal-kapal api kecil, yang berlayar ke terusan. Di sebelah pangkalan ini, berlabuh beberapa perahu, yang baru datang dari laut membawa ikan-ikan yang dapat dikail malam itu . . . .
Sitti Nurbaya, Marah Rusli
Pelaku dalam cerita tersebut adalah . . . .
a.     empat anak muda
b.    kuda tambang
c.     api
d.    ikan-ikan
e.     kusir
34Cermati teks puisi berikut!
      Aku
Kalau sampai waktuku
Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari

Hingga hilang pedih peri
Dan aku lebih tidak peduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi
                                     Chairil Anwar
      Majas metafora terdapat pada puisi tersebut . . . .
a.     baris ke-5                                              d. baris ke-12
b.    baris ke-7                                              e. baris  ke-13
c.     baris ke-9
35.  Cermati kalimat berikut!
      Pak Sutomo direktur perusahaan swasta yang sedang maju pesat. Harta dan kekayaannya melimpah sehingga banyak temannya yang datang meminta tolong. Akan tetapi, kini  perusahaannya bangkrut. Teman-teman banyak yang menjauhinya.
      Peribahasa yang sejalan dengan maksud pernyataan tersebut adalah . . .
a.     Air beriak tanda tak dalam.                    d. Habis manis sepah dibuang.
b.    Air tenang menghanyutkan.                    e. Air susu dibalas air tuba.
c.     Air tenang jangan disangka tak berbahaya.
36. Penulisan alamat surat yang benar adalah . . . .
a.  Yth. Ibu Oni      
     Jalan Gajah 102 B   
     Sumatera Barat
b. Yth. Sdr. Putra Kencana
Jalan Mangga
Yogyakarta.
c. Kepada:
     Yth.Ny.B.Supomo
Jalan Jambu Manis
     Surabaya
d.   Kepada
Yth.Ibu Kepala SMKN 85
Jln. Kebon Bakti No. 5
Banjar barat
e.   Yth: Bapak Kepala Sekolah
Jalan Marpangga Raya 10
Jakarta pusat
37. Penulisan daftar pustaka yang tepat terdapat pada pernyataan di bawah ini adalah . .  .
      a.   Yulia. 2008. Bahasa Masa Kini. Jakarta: Balai pustaka.
      b.   Yanuar: 2008. Misteri Hidup Ini. Yogya. Bentang.
      c.   Bambang Romi. 2008, Melanglang Buana: Jakarta: Indonesia Press.
      d.   Jaya Baya, 2008: Indonesia Jaya. Surabaya; Ekspresi.
      e.   Simpona Morahan, 2008. JAYA NEGARAKU: Surakarta: Nuansa.
38.   Handphone istimewa itu sangat mahal. Namun masyarakat tertarik dan mereka membelinya.
       Ungkapan yang tepat untuk menggantikan ilustrasi tersebut adalah . . . .
a.                   Mahal tapi laris
b.   Lebih baik kita memerhatikan mutu barang
c.   Kalah membeli menang memakai
d.   Yang istimewa mesti harganya mahal
e.   Membeli barang baiknya tidak yang mahal
39.  Kalau takut dilimbur pasang, jangan berumah di tepi pantai.
      Makna peribahasa tersebut adalah . . . .
a.   Jangan mengerjakan sesuatu yang berbahaya
b.   Jangan melakukan pekerjaan yang berbahaya
c.   Jangan berpura-pura jadi pemberani
d.   Di tepi pantai memang tidak cocok untuk mendirikan rumah
e.   Jangan berbuat jika tidak berani menanggung akibat
40. Cermati paragraf berikut!
      Dewasa ini problem kesehatan kesehatan sudah berubah menjadi barang mahal. Biaya perawatan meningkat luar biasa.Harga obat melambung tinggi . . . . Hal ini menjadi beban masyarakat, terutama masyarakat lapisan bawah.
      Kalimat yang tepat untuk mengisi kekosongan pada paragraf tersebut adalah . . .
a.                         Kesehatan menjadi sangat mahal harganya.
b.                         Kesehatan memang barang mahal dan tidak bisa ditawar.
c.                         Makin hari, bangsa Indonesia makin tidak sehat.
d.                         Tidak ada kesehatan yang murah harganya
e.                         Ongkos pemeriksaan pun naik
41. Bacalah penggalan resensi biografi berikut ini!
            Anton M. Moeliono lahir 21 Februari 1929 di Bandung. Ia menyelesaikan pendidikan di Fakultas Sastra UI (1958), meraih gelar M.A.(Linguistik Umum) pada Universitas Cornell, AS (1965). Pernah belajar di Universitas Leiden (1971-1972) di East West Center dan Universitas Hawai (1977) di Universitas Nasional Australia (1980). Meraih gelar doktor di bidang ilmu sastra di UI (1981). Sejak tahun 1982 menjadi guru besar linguistik sebagai ketua program studi pascasarjana ilmu sastra (1982-1983). Menjadi redaktur majalah Bahasa dan Sastra sejak akhir 1976. Karangan-karangan mengenai bahasa sudah banyak tersebar di berbagai media.
Simpulan penggalan biografi tersebut mengatakan bahwa profesi Anton M. Moeliono adalah….
a.                   guru, redaktur, dan ilmuwan
b.                   guru, redaktur, dan sastrawan
c.                   redaktur, sastrawan, dan budayawan
d.                   ilmuwan, budayawan, dan sastrawan
e.                   sutradara, redaktur, dan ilmuwan
42.  Setelah pemerintah mengeluarkan keputusan kenaikan BBM, maka banyak orang berdemonstrasi.
      Agar kalimat tersebut menjadi efektif, kata yang harus dihilangkan adalah . . . .
      a. banyak                                                    d. maka
      b. orang                                                      e. pemerintah
      c. setelah
43.  Bacalah dengan saksama surat pribadi berikut!
            . . . . Ananda mohon maaf yang sebesar-besarnya karena rencana berlibur bersama Ayah dan Ibu terpaksa dibatalkan. Hal ini disebabkan banyaknya tugas dari kampus yang tidak dapat Ananda tinggalk
Apabila Tuhan mengizinkan, rencana untuk berlibur akan Ananda laksanakan bulan depan. . . . .
      Kalimat yang tepat untuk membuka surat tersebut adalah . . .
a.     Semoga Ayah dan Ibu senantiasa berada dalam keadaan sehat walafiat.
b.    Ayah dan Ibu apa kabar saat ini? Baik-baik saja ya hendaknya.
c.     Semoga Ayah Ibu tidak melupakan berdoa untuk Ananda.
d.    Ananda senantiasa di doakan ya Bu, Ayah.
e.     Marilah kita sama-sama berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
44.  Kalimat yang menggunakan ragam bahasa baku ialah . . .
a.   Kasih tahu dulu, baru saya bilang samamu.
b.   Ayah  berangkat ke luar negeri bersama rombongan guru SMK.
c.   Peserta daripada seminar sudah hadir.
d.   Ibunya jualan makanan di perempatan dekat sekolahku.
e.   Harga hiasan itu sedikit mahal dari hiasan ini yang waktu itu.
45. Cermati kalimat berikut!
      Seorang anak akan mengikuti tingkah laku orang tuanya.
      Peribahasa yang sejalan dengan maksud kalimat tersebut ialah . . . .
a.     Air tenang jangan disangka tak berbuaya
b.    Air beriak tanda tak dalam
c.     Air tenang batu bersibak
d.    Air susu dibalas air tuba
e.     Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan
46. Cermati kutipan novel berikut!
“Ya, Bapak sekarang rajin benar mempelajari agama,” kata Maria.           
“Setiap petang Senin dan petang Kamis datang kemari haji guru agamanya. Kami disuruhnya juga belajar agama. Kalau bagi saya apa salahnya kita menurut kata orang tua, menyenangkan hatinya.”
“Bagi engkau, segala apa salahnya,” ujar Tuti. “Bagi saya mengerjakan sesuatu yang tiada berguna, terang salah. Apa yang saya kerjakan hendaknya termakan oleh akal saya. Saya tidak mengerti apa gunanya agama yang dipakai golongan terpelajar, golongan priyayi bangsa kita sekarang. Lihat sendiri di rumah Paman Parta ketika ia selamatan di Jatinegara baru ini. Di luar berkumpul priyayi yang jempol-jempol dan perlente-perlente duduk di kursi menghadapi hidangan yang rapi dan nikmat. Dari sudut rumah masuk ke belakang beberapa orang haji dari kampung untuk membaca doa di atas tikar. Patut benar Paman Parta berkata, bahwa agama itu untuk dipelajari kalau sudah pensiun, kalau tidak ada yang penting lagi yang dapat dikerjakan di dunia ini. Kalau mata sudah kabur, kalau tenaga sudah habis, kalau hati sudah tertutup. Jika tidak demikian tidak serupa itu, ia menghinakan agama yang pura-pura dipujinya itu.”
Layar Terkembang, Sutan Takdir Alisjahbana
      Konflik yang dapat disimpulkan dari kutipan tersebut adalah…
a.     Pengertian agama oleh golongan terpelajar dan golongan priyayi bangsa.
b.    Menjalankan agama bagi ayah dianggap mengerjakan sesuatu yang tidak berguna.
c.     Ketidaksepahaman Maria dan Tuti terhadap sikap penganut agama.
d.    Kepatuhan Maria terhadap bapaknya yang dinilai Tuti hanya kepura-puraan.
e.     Ketekunan bapak menjalankan agama, dinilai Tuti sesuatu yang tidak wajar.
47. Cermati kutipan berikut!
      Roman “Azab dan Sengsara” gaya komposisinya tak jauh berbeda dengan hikayat-hikayat lama. Situasi kejiwaan tokoh-tokohnya kurang mendapat perhatian yang serius dari pengarang. Pengarang menyuruh para pelakunya memberikan nasihat berpanjang-panjang sehingga timbul kesan mau menggurui pembaca.
      Akan tetapi, sebagai roman pertama dalam kesusasteraan Indonesia, kita perlu menganngkat topi untuk keberanian Merari Siregar mengemukakan idenya tentang kawin paksa. Dan menurut penulis cerita itu benar-benar terjadi. . . . .
Kutipan tersebut berupa . . . .
      a.   biografi                                                 d. opini
      b.   esai                                                      e. drama
      c.   cerpen
48.   Perhatikan bagian proposal berikut!
Efek pemanasan global telah mengubah bumi menjadi semakin panas. Ulah manusia yang tidak terkontrol dalam mengelola dan melestarikan lingkungan menyebabkan lingkungan menjadi rusak. Hutan-hutan yang ditebang menyebabkan kerusakan ekosistem hutan dan menyebabkan bencana bagi bumi.
Remaja, sebagai generasi bangsa diharapkan menjadi penggerak untuk melestarikan lingkungan. Tidak hanya itu, remaja juga diharapkan mempunyai keinginan yang kuat untuk menjaga dan mengijaukan bumi kembali. Untuk itu, melalui lomba penghijauan ini, para remaja hendaknya mampu mengaktualisasikan diri secara langsung untuk sadar akan lingkungannya.
Penggalan proposal di atas berisi tentang . . . .
a.   alasan pemilihan judul
b.   tujuan kegiatan
c.   latar belakang
d.   tema penulisan
e.   pelaksanaan
49.   Kalimat yang baik untuk surat permohonan peminjaman alat-alat olah raga kepada kepala sekolah adalah . . . .
a. Bersama ini kami sangat memerlukan alat-alat olah raga untuk berlatih. Untuk itu, atas izin Bapak, tolong meminjamkannya pada kami.
b. Alat-alat olah raga kami sudah rusak. Kiranya Bapak mau meminjamkan kepada kami.
c. Dengan ini kami mohon Bapak agar mengizinkan kami menggunakan alat-alat olah raga milik sekolah untuk keperluan berlatih.
d.  Bersama ini kami ingin memijam alat-alat olah raga. Semoga Bapak mau meminjamkannya ke kami.
e. Dapatkah kiranya Bapak meminjamkan alat-alat olah raga untuk kami?
50.   Ardi : Jadi Bapak dulu sudah sering berpindah-pindah kerja dalam waktu lima tahun  sekali?
       Rudi : Iya, karena pada dasarnya, saya orang yang bosan bekerja di satu tempat saja. Selain itu, ketika masih muda saya masih ingin mencari tantangan pekerjaan yang lain. Ya, sekalian menambah relasi juga.
       Ardi : Lalu, kenapa sekarang tidak pindah lagi? Kan, sudah lebih dari lima tahun Bapak bekerja di sini. Apakah Bapak tidak bosan di sini?
       Rudi : Bosan sih bosan. Tapi, saya sudah tua. Mungkin di sini tempat saya bekerja terakhir. Saya juga sudah mempunyai istri dan anak. Jadi, kalau pindah-pindah, berarti saya meninggalkan mereka juga, kan? Daripada repot. Ya sudah, saya mensyukuri saja bekerja di sini dan tidak akan pindah-pindah lagi.
       Ide pokok percakapan di atas adalah . . . .
a.     Rudi yang suka berpindah-pindah kerja.
b.    Kebosanan rudi dalam bekerja.
c.     Rudi sering berpindah-pindah kerja karena bosan.
d.    Setelah tua dan mempunyai anak-istri, Rudi tidak berpindah-pindah kerja lagi.
e.     Berpindah kerja merupakan tantangan tersendiri bagi Rudi.











KUNCI JAWABAN
Soal Pengayaan



1.     A
2.     E
3.     C
4.     A
5.     E
6.     B
7.     C
8.     E
9.     A
10.  E
11.  A
12.  A
13.  E
14.  B
15.  B
16.  B
17.  E
18.  B
19.  A
20.  D
21.  D
22.  E
23.  B
24.  C
25.  A
26.  C
27.  D
28.  B
29.  A
30.  A
31.  D
32.  E
33.  A
34.  A
35.  D
36.  A
37.  A
38.  C
39.  E
40.  E
41.  B
42.  D
43.  A
44.  B
45.  E
46.  C
47.  D
48.  C
49.  C
       50. A

Jangan Cuma ditulis aja ya kawan.. harus ada yang tingga di  otak nya... hehehehe...

bang Dika Girsang

Post a Comment

 
Top