0
Pada saat instalasi Windows 7 , kesalahan berikut muncul di layar setelah restart pertama selama fase 'sysprep': "Windows tidak dapat menyelesaikan konfigurasi sistem. Untuk mencoba melanjutkan konfigurasi, restart komputer". Saat Anda menekan 'OK', Windows restart tapi kesalahan yang sama muncul lagi tanpa rincian apapun. Setelah beberapa penelitian di Internet, saya menemukan bahwa pesan kesalahan ini terjadi pada sistem operasi Windows 7 dan Windows Server 2008 R2 jika sistem operasi asli berisi kunci registri yang lebih besar dari 8 kilobyte (KB). Perbaikan terbaru untuk masalah ini tersedia dari Microsoft di sini dan harus diterapkan sebelum menjalankan perintah 'sysprep'. Perbaikan terbaru sudah disertakan pada sistem Windows 7 SP1.

Saya menulis artikel ini, karena - dalam kasus saya - saya belum menerapkan hotfix yang tersedia sebelum "syspreping" mesin VM, tetapi juga karena saya menemukan bahwa kesalahan "Windows tidak dapat menyelesaikan konfigurasi sistem" juga dapat terjadi pada instalasi yang bersih. Dari Windows 7 OS


 Cara mengatasi kesalahan "Windows Could Not finish configuring the system. To attempt to resume configuration, restart the computer".
Bila "Windows Could Not finish configuring the system. To attempt to resume configuration, restart the computer" muncul di layar Anda, maka coba cara dibawah ini :
1. Tahan tombol SHIFT dan tekan F10 (SHIFT + F10).
2. Pada command prompt ketik: cd oobe (& tekan Enter)
3. Lalu ketik: msoobe (& tekan Enter)
4. Tunggu Beberapa saat hingga muncul "setup windows". Pada layar pertama 'Set Up Windows', pilih pengaturan tata letak Negara/Wilayah, Waktu dan mata uang & Keyboard & tekan Next.
5. Kemudian Ketik Username dan Nama Komputer & tekan Next.
6. Ketik kata sandi "(jika diperlukan)" dan tekan Next.
7. Centang Kotak "Accept the License Terms" lalu Tekan Next.
8. Pilih bagaimana Anda ingin Windows melindungi komputer Anda. (Misalnya "Gunakan setelan yang disarankan")
9. Atur pengaturan Time and Date lalu tekan Next.
10. Tunggu sampai Windows menyelesaikan settingan anda.
11. Terakhir Restart komputer anda. 


Note: Jika setelah menekan Restart tidak ada yang terjadi, maka tutup semua jendela yang terbuka atau lakukan Shutdown yang dingin dengan menekan tombol Power selama beberapa detik.


Sekarang Windows Sudah Boot secara Normal.


Kamu sudah selesai!

Post a Comment

 
Top