0
Image result for pengertian WLAN



[] Sejarah

A. [ Wireless ]
Sejarah Wireless ini berawal saat prototype telegraf radio pertama di dunia diciptakan. Dan pada tahun 1895, salah seorang siswa yang bernama Guglielmo Marconi ini berminat mengenai teori gelombang radio yang sedang dipelajari di kelasnya. 
Dikarenakan minat yang tinggi pada ilmu radio, Marconi ini didorong untuk berinisiatif menciptakan prototype telegraf radio pertama di dunia. Pada 13 Mei 1997, Marconi ini sukses memancarkan sinyal telegrafi pertama dengan pesan “Apakah Anda Bersedia?” yang melewati Selat Inggris yang dimana Marconi baru berumur 22 tahun. Keberhasilan ini menjadi sejarah jaringan wireless yang titik awal revolusi teknologi telekomunikasi tanpa kabel atau Wireless.
Dan Wireless ini pun semakin hari semakin berkembang, seperti teknologi wireless 1G yang bergerak pada 2G. Dan di tahun 2001-2003 jaringan wireless ini berkembang lagi menjadi wireless 3G.
Dan saat ini telah ada revolusi teknologi wireless dari 3G menjadi 4G. 4G ini ialah singkatan dari Bahasa Inggris yang berarti Fourth-Generation Technology atau juga dalam Bahasa Indonesia yang berarti Teknologi Generasi Ke Empat. Teknologi 4G ini ialah teknologi wireless yang tergolong baru dan mungkin tercepat dari generasi generasi yang sebelumnya. 
B. [ Wi-Fi ]
Istilah Wi-Fi, pertama dipakai secara komersial pada bulan Agustus 1999, dicetuskan oleh sebuah firma konsultasi merek bernama Interbrand Corporation. Wi-Fi Alliance mempekerjakan Interbrand untuk menentukan nama yang “lebih mudah diucapkan daripada ‘IEEE 802.11b Direct Sequence'”.
Interbrand menciptakan WiFi sebagai plesetan dari Hi-Fi (High Fidelity); mereka juga merancang logo Wi-Fi.
Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau smartphone untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.
C. [ Hotspot ]
Hotspot yang dalam Bahasa Indonesia disebut ‘Area Bersinyal’ adalah tempat-tempat tertentu (biasanya tempat umum) yang memiliki layanan internet dengan menggunakan teknologi Wireless LAN, seperti pada perguruan tinggi, mal, plaza, perpustakaan, restoran ataupun bandar udara.
Jelasnya, Hotspot adalah lokasi di mana user atau kita dapat mengakses Wi-Fi melalui mobile computer (seperti laptop atau smartphone) tanpa mengguakan koneksi kabel dengan tujuan suatu jaringan seperti internet. 
Konsep Hotspot pertama kali dikemukakan tahun 1993 oleh Bret Stewart, saat konferensi Networld dan Interop, di San Fransisco. Dengan pemanfaatan teknologi ini, setiap orang dapat mengakses jaringan internet melalui komputer, laptop, atau smartphone yang mereka miliki di lokasi-lokasi area bersinyal ini tersedia, tentunya perangkat komputer, laptop, atau smartphone tersebut harus memiliki teknologi Wi-Fi.
Pada umumnya peralatan area bersinyal WiFi menggunakan standardisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan aksesyang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE 802.11 b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11 g) dalam jarak hingga 100 meter.
a. [ Pengertian Wireless ]
Pada dasarnya, wireless berarti ‘tanpa kabel’ atau juga ‘nirkabel’, sehingga perangkat elektronik apa saja yang terhubung satu sama lain tanpa menggunakan kabel dapat disebut dengan wireless. Seperti misalnya telepon pintar, remote control, teknologi IR, Bluetooth dan lain sebagainya.
Wireless didefinisikan sebagai sebuah jaringan tanpa kabel yang menggunakan udara sebagai media transmisinya untuk menghantarkan gelombang elektromagnetik. Untuk jaringan internet pada komputer, wireless secara spesifik diistilahkan sebagai wireless LAN (WLAN).
Pada WLAN, transmisi radio berfungsi selayaknya ‘kabel’, sementara Access Point berfungsi sebagaimana HUB pada jaringan konvensional. Standar teknologi WLAN adalah IEEE 802.11 yang tediri dari IEEE 802.11a, IEEE 802.11b dan IEEE 802.11g dengan kecepatan dari 11 MBps hingga 54 MBps.
b. [ Pengertian Wi-Fi ]
Dieja dengan wai-fai (bukan wi-fi) adalah singkatan dari Wireless Fidelity, merupakan aliansi kelompok industri untuk membentuk standar interoperabilitas antar perangkat WLAN agar setiap perangkat yang telah disertifikasi Wi-Fi akan dapat saling terhubung meskipun berbeda vendor atau merek.
Tanda Wi-Fi ini sering terlihat di area-area yang memang mendukung koneksi internet berbasis WLAN (wireless LAN). Secara garis besar, Wi-Fi adalah sama persis dengan WLAN. WiFi lebih dikenal karena lebih sering digunakan.
Penerapan dari standar Wi-Fi dalam teknologi ICT sangat luas sekali. Di Indonesia sendiri, beberapa waktu belakangan muncul sebuah layanan yang bernama Indonesia Wi-Fi (@wifi.id) yang menjangkau hampir seluruh area publik di nusantara. 
c. [ Pengertian HotSpot ]
Berbeda dengan Wi-Fi, Hotspot sendiri merupakan gambaran dari area atau lingkup tertentu yang terjangkau oleh frekuensi jaringan WLAN/Wi-Fi sehingga orang dapat melakukan koneksi jaringan melalui perangkat yang memiliki teknologi WiFi seperti smartphone, komputer, laptop dan lain sebagainya.
Beberapa jaringan Hotspot terbuka bebas bagi setiap pengguna, sementara sebagian yang lain diproteksi oleh password sehingga setiap pengguna yang ingin masuk ke dalam jaringan harus memasukkan password yang tepat sebelum dapat terhubung. Hotspot dapat diaplikasikan mulai dari area rumah hingga perkantoran dan area publik yang cukup luas.
Perbedaan antara Wi-Fi dan Hotspot adalah Wi-Fi itu jaringan untuk koneksi internet tanpa kabel (wireless), sedangkan Hotspot itu adalah titik akses Wi-Fi. Keduanya tidak bisa dipisahkan dan terkait satu sama lain.  
Sekian Dapat Saya Sampai Kan Semoga Bermanfaat Bagi  Teman-Teman

Post a Comment

 
Top